dsc_0310 dsc_0875Selakambang- Dalam rangka mensukseskan program pemerintah kabupaten (pemkab) Purbalingga merehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sedikitnya 20 rumah (RTLH) di Desa Selakambang kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga akan segera direhab. Program yang digagas Bupati H Tasdi SH MM dan Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi dilakukan, sebagai upaya kerja nyata dalam mengatasi masih banyaknya rumah warga yang tergolong tidak layak huni. Kembali menghidupkan sikap gotong royong masyarakat Purbalingga, yang mulai memudar. Serta meningkatkan iman dan taqwa masyarakat Kabupaten Purbalingga.

 

Sebanyak 13 RTLH yang tersebar di lima dusun di Desa Selakambang rencananya akan di rehab menggunakan dana dari APBD Kabupaten Purbalingga. Masing-masing RTLH akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 10.000.000,- dalam bentuk matrial.

“bantuan diterima dalam bentuk matrial, untuk tenaga kerja diharapkan partisipasi warga sekitar untuk berswadaya dalam rangka menumbuhkan semangat gotong royong, karena ini manjadi tugas kita bersama untuk membantu warga yang kurang mampu” ujar Plt. Sekdes Bambang Wibowo dalam acara musdes yang diselenggarakan Jumat(23/9) dalam rangka sosialisasi dan pembentukan TPK kegiatan RTLH.

20160923_134159 20160923_134248

Oleh karena itu, sambung Plt. Sekdes, kepada TPK dan para ketua RT dan RW diharapkan untuk menyampaikan kepada warganya agar ikut membantu mensukseskan kegiatan baik yang dianggarkan oleh APBD maupun ADD dan DD, dalam rangka pengentasan kemiskinan di wilayahnya terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan papan yang layak.

Dukungan Pemdes

Sedangkan sebagi bentuk dukungan terhadap program tersebut, Pemdes Selakambang melaksanakan sinkronisasi program pemugaran RTLH  dengan melaksanakan pemugaran sebanyak 7 RTLH selain yang mendapatkan bantuan dari APBD. 5 RTLH akan direhab menggunakan Dana Desa(DD) dan 2 sisanya dari Alokasi Dana Desa(ADD). Dari Dana Desa Pemdes menganggarkan untuk 5 RTLH masing-masing Rp. 10.000.000,- dan dari ADD untuk 2 RTLH masing-masing Rp.5.000.000,- . Sama halnya dengan bantuan yang bersumber dari APBD, bantuan dari DD dan ADD juga diberikan kepada penerima manfaat dalam bentuk matrial.